Selasa, September 21, 2021

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Android

Suka bersedekah? Mungkin kalian bisa menggunakan kuota internet kalian untuk berbagi hotspot dengan teman atau orang lain. Hanya perlu kalian ingat, jangan sampai berbagi hotspot itu membuat kalian jadi super boros juga ya, Gaes.

Smartphone android sendiri memang sudah seperti kebutuhan primer saat ini.  Ia lebih populer daripada iPhone dari Apple. 

Alasan utamanya karena smartphone android terdiri dari banyak sekali tipe, serta dengan patokan harga bervariasi dengan tetap mempertahankan kualitas terbaiknya.

Salah satu fitur andalan android adalah hotspot WiFi atau Tethering. Fitur ini bisa membuat kalian berbagi koneksi internet dengan orang lain baik sesama android atau dengan perangkat lainnya.

Ketika kalian menyalakan hotspot WiFi, maka perangkat lain cepat menangkat jaringan kalian. Ditambah tidak adanya password, orang makin mudah terhubung. Ini tentunya membuat besar resiko kuota internet kalian cepat habis. 

Karena itu, perlu untuk kalian membatasi siapa saja yang bisa kalian bagi koneksi internet kalian.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Android

Hotspot Wifi di android memang pada dasarnya tidak dibatasi. Karenanya perangkat apapun bisa terhubung dengan mudah. Sebab itu, sebagai langkah melindungi jaringan hotspot dari orang lain, maka kalian perlu melakukan pembatasan pengguna.

Adapun cara membatasi pengguna hotspot di android yang pertama adalah  masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di smartphone android, lalu klik Hotspot Pribadi.

Lihat di opsi paling bawah, yaitu opsi Perangkat Terhubung. Tekan ikon pada opsi tersebut. Kemudian tap opsi Batasi perangkat terhubung. Kalian atur sendiri berapa perangkat yang dapat terkoneksi dengan hotspot Wifi android kalian.

Dengan pengaturan pembatasan seperti ini, maka perangkat lain tidak akan dapat terhubung dengan jaringan hotspot kalian. Sebab, meski sudah memasukkan password dengan benar tetap saja perangkat lain ada yang bisa terhubung dengan mudah.

Membatasi Pengguna Hotspot dengan Mode Perizinan

Pertama-tama, masuk ke manu Pengaturan atau Setelan, lalu klik Koneksi. Selanjutnya tap opsi Hotspot Seluler dan Penambatan, setelahnya tap opsi Hotspot Seluler.

Di halaman ini kalian tap ikon tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan, lalu klik Perangkat yang diizinkan.

Selanjutnya, Aktifkan perizinan perangkat dengan cara geser tombol slide ke arah kanan.

Untuk menambahkan perangkat yang dibolehkan terkoneksi ke hotspot, bisa dengan klik Tambah yang ada di pojok kanan atas. Atau dapat juga dengan kembali ke halaman Hotspot Seluler, lalu tap opsi  pada perangkat yang terkoneksi dan ingin diberi izin akses. Sesudah itu tap opsi Tambahkan untuk menambahkannya ke perangkat terpercaya atau yang diberi izin.

Cara di atas saya praktekkan di smartphone Samsung. Smartphone lain tinggal menyesuaikan saja.

Itu tadi cara yang bisa kalian lakukan membatasi pengguna hotspot android. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian ya, Gaes. 

Kalau ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian tidak akan perlu khawatir lagi bila ada orang lain yang menggunakan Hotspot kalian. Kalian dapat melakukan ini pada semua jenis smartphone android.

Lihat yang Lain

Related Articles