Selasa, September 21, 2021

Cara Mengatasi LCD atau Layar Smartphone Blank Putih

Pernahkah kalian mengalami layar smartphone kalian tiba-tiba jadi blank putih? Bingung bagaimana mengatasinya? Berarti tepat kalian disini, Gaes. Ada beberapa tips yang bisa kalian praktekkan untuk mengatasinya.

Seperti yang kalian ketahui, smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk mempemudah pekerjaan atau kegiatan kalian sehari-hari dengan banyak manfaat. Hanya saja kadang ada masalah menyertainya. Salah satunya adalah, layar smartphone tiba-tiba blank putih.

Untuk bisa mengatasi smartphone Layar Blank Putih kalian harus tahu dulu penyebab atau history pemakaiannya. Contohnya sebelumnya dicharger sambil kalian pakai. Atau terjatuh lalu terkena benturan benda keras sehingga layar putih hang.

Pada umumnya ada 2 penyebab utama, baik dari imbas LCD sendiri atau memang dari sistem dalam smartphone. Jika layar blank putih tetapi masih bisa untuk masuk ke menu tapi hanya beberapa detik saja sebelum LCD memutih, itu akhir sistem.

Cara Mengatasi LCD atau Layar Smartphone Blank Putih

Ketika smartphone kalian layarnya berubah blank berwarna putih, biasanya akan membuat data dan aplikasi yang sudah tertanam dan terinstall akan hilang. 

Penyebab lain bisa jadi disebabkan oleh hardware seperti misalnya socket LCD yang tidak kencang sehingga seperti LCD tidak tersambung sehingga gambar tidak muncul. Biasanya hal ini terjadi karena smartphone pernah jatuh atau terbentur benda keras.

Untuk mengatasi smartphone layar blank, ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan.

Akibat Terjatuh atau Socker Kendor

Apabila muncul putih setelah jatuh, coba matikan lalu  buka potongan chasing dan goyangakn. Kalau ada bunyi seolah ada sesuatu di dalamnya, bisa jadi hanya socket terlepas. Kalian bisa membukanya sendiri atau ke tukang service jika  tidak memiliki obeng khusus smartphone. Kemungkinan kedua, jika sistemnya, maka coba untuk reset ulang. Untuk melaksanakan reset ulang ada beberapa cara berbeda sesuai dengan brand dan tipe smartphone kalian. 

Selesai di reset ulang ada dua kemungkinan, yaitu smartphone kembali normal berarti tidak ada masalah. Kalau ada muncul layar bergaris di dalamnya kemungkinan LCD retak. Kalian bisa mengganti LCD baru.

Tetapi, jika di reset ulang masih tetap putih bisa jadi  memang harus flash ulang. Untuk flashing lebih baik kalian pergi ke service center ataureparasi smartphone.

Blank Putih Tanpa Sebab

Apabila smartphone kalian muncul balnk putih mendadak atau tanpa sebab, akan lebih baik untuk membawanya langsung ke tempat service. Ini karena sangat beresiko kalau kalian memperbaikinya sendiri dengan membongkar sartphone. 

Kalau kalian tidak ahli, yang ada smartphone kalian malah rusak semakin parah, Gaes.

Itu tadi informasi mengenai Cara Mengatasi LCD atau Layar Smartphone Blank Putih. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian.

Kalau ada pertanyaan mengenai Cara Mengatasi LCD atau Layar Smartphone Blank Putih atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi  Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles