Kamis, Oktober 28, 2021

Kapan Lebaran Jatuh? Hari Rabu atau Kamis?

Tinggal hitungan hari maka kita akan menemui hari yang mana di nantikan oleh umat Muslim di dunia, yang tidak lain  yaitu hari Idul Fitri atau biasa kita kenal dengan sebutan lebaran. Nah, kapan lebaran jatuh? hari rabu atau kamis? untuk mengetahui jawabannya kami akan membahasnya dengan mudah untuk bisa kalian pahami juga nantinya. 

[lwptoc]

Nah, lebaran Idul Fitri di tahun ini,  tentunya mengundang banyak pertanyaan. Mengenai kapankah akan jatuhnya hari Idul Fitri tersebut.   Tentunya kita akan membahas juga mengenai penetapan dari Muhammadiyah  juga pemerintah.  Mengingat sebentar  lagi, dalam hitungan  hari kita akan memasuki Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. 

Lalu, kapankah lebaran akan  jatuh? apakah Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Rabu  12 Mei 2021 atau pada hari Kamis yaitu 13 Mei 2021? Nah, untuk mengetahuinya keputusan dari Muhammadiyah yang mana telah di tetapkan pada 26 Januari 2021 yang mana melalui sebuah Maklumat Nomor 01/MLM/ I.0/E/2021 yang membahas mengenai Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal hingga Zulhijah 1442 H kali ini. 

Kapan Lebaran Jatuh? Hari Rabu atau Kamis?

Nah,  kami akan membahas sendiri mengenai beberapa versi yang bisa kalian jadikan  referensi nantinya. Sebagai berikut :

 

Versi Pemerintah

Versi pertama yang  yaitu datang dari pemerintah yang mana belum diketahui mengenai informasi secara lengkap dna jelasnya mengenai jatuhnya lebaran 2021 kali ini. Nah, keputusan pemerintah akan kita ketahui nantinya pada hari Selasa  (11/5/2021) nanti. 

Hal tersebut dikarenakan pemerintah yang melalui Kementerian Agama dimana menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal pada hari Selasa petang nanti. 

Dirjen Bimas Islam Kemenag sendiri yaitu Kamarudin Amin juga engatakan bahwa sidang isbat di gelars ecara online atu daring yang dikarenakan adanya Pandmei Covid-19. 

Bahkan panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan yang mana dalam sebuah jaringan atau aplikasi Zoom Meeting bagi peserta sidang dna juga media nantinya. 

BACA JUGA:

” Kami bahkan memanfaatkan dari media sosial Kemenag untuk melakukan kegiatan Live Streaming nantinya. “

Panduan Shalat Idul Fitri 1442 H

Kemudian adanya sebagai panduan yang dikeluarkan oleh pihak Kemenag terkait dengan pelaksanaan ibadah shalat ied nanti. Mengingat kita kini masih berada di tengah pandemi covid-19 Sehingga nantinya kita harus menerapkan beberapa protokol. 

Melalui panduan yang mana diharapkan pelaksanaan shalat idul fitri sendiri akan diselenggarakan dengan aman dan nyaman yang mana mampu mencegah penyebaran Covid-19.

Edaran tersebut memang mengatur mengenai aktivita atau  kegiatan malam takbiran dan juga shalat Idul Fitri yang mana diselenggarakan di masjid dan juga lapangan terbuka. ” Kata menteri Agama  yang tidak lain adalah Yaqut Cholil Qoumas, Jakarta pada Kamis (06/5/2121).

Maka, terdapat banyak ketentuan yang dikeluarkan yang mana  untuk wilayah atau kawasan dengan zona hijau dan kuning maka diperbolehkan untuk melaksanakan yang namanya ibadah Idul fitri. Namun, untuk daerah atau wilayah zona merah dan orange maka dilarang. 

 

 

Lihat yang Lain

Related Articles