Kamis, Oktober 28, 2021

Keunggulan Smartphone Android Dibandingkan iPhone iOS

Banyak orang pasti memiliki smarphone android, tapi tidak banyak orang memiliki iPhone. Mengapa? Tentu selain karena harganya yang terjangkau, tak seperti iPhone yang hanya bisa dibeli kalangan menengah ke  atas, android juga mempunyai banyak keunggulan lain dibandingkan iPhone iOS.

Smartphone sendiri merupakan hasil kemajuan teknologi dengan beragam fungsi. Tidak hanya untuk menjadi alat komunikasi saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk sarana bisnis, browsing informasi sampai untuk sekedar hiburan seperti bermain game, dan lainnya.

Smartphone sendiri umumnya mengadopsi sistem operasi tersendiri supaya dapat dipakai sebagaimana mestinya. Dan sampai saat ini setidaknya ada 2 jenis OS smartphone yang paling diminati yakni OS Android dari Google dan OS iOS dari Apple. Keduanya punya keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Para pengguna pada dasarnya memilih salah satu dari OS tersebut setelah menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Tetapi,, OS Android diklaim lebih banyak diminati dibandingkan iOS. Banyak pula keunggulannya. Salah satu alasannya adalah adanya kebebasan pengguna untuk mengutak-atik Android sehingga bisa sesuai dengan yang diinginkan.

iOS pada iPhone pasti punya kelebihan tersendiri yang tidak dipunyai android. Salah satunya ada fitur keamanan iPhone yang lebih canggih dan tangguh dibandingkan smartphone android.

Biasanya iPhone dipatok dengan harga cukup tinggi, sehingga yang mendapatkannya hanya kalangan menengah ke atas. Beda dengan smartphone android karena harganya terjangkau untuk semua kalngan.

Ini juga bisa menjadi salah satu faktor kenapa lebih banyak yang memilih smartphone android. Keunggulan smartphone android yang lain dibandingkan iPhone iOS ada? Apa saja?

Ada kok. Cekidot langsung kuy!

Kebebasan menginstall aplikasi

Keunggulan smartphone android dibandingkan iPhone pertama, yaitu dalam hal kebebasan untuk menginstall aplikasi. 

Kalau di iPhone pengguna hanya boleh mengisntall aplikasi dari App Store, maka di smartphone android kalian sebagai pegguna bisa menginstall aplikasi dan game walaupun dari luar Google Play Store yang jadi gudangnya aplikasi android.

Ada banyak aplikasi dan game keren yang tidak lolos ke Google Play Store maupun App Store. Tapi dengan android kalian bisa mengunduhnya di website penyedia aplikasi lainnya. 

Menambahkan MicroSD

Memori internal pada smartphone bermanfaat untuk menyimpan file sistem serta file lain yang kalian unduh dan simpan. Apabila kalian pengguna smartphone androi, maka tidak perlu khawatir saat memori internal penuh, karena kalian bisa menambahkan memori eksternal memakai microSD sebagai penyimpanan tambahannya. Dan ini tidak dapat dipraktekkan di iPhone, karena ruang internal adalah satu-satunya ruang penyimpanan yang bisa dipakai penggunanya.

Aplikasi dan game yang lebih beragam

Smartphone android dengan Google Play Store menyediakan banyak sekali koleksi aplikasi dan game yang bebas diunduh dan diinstall oleh penggunanya. Secara keseluruhan, aplikasi dan game di Google Play Store jumlahnya diperkirakan mencapai angka 3.5 jutaan.

Sedangkan iPhone dengan App Store-nya, jumlah keseluruhan aplikasi dan game di dalamnya hanya di kisaran angka 1.96 jutaan. Sebab, Apple punya sistem seleksi yang cukup ketat.

Dapat menggunakan berbagai jenis Headphone

Headphone umumnya dipakai untuk mendengarkan musik atau menonton video. Kalian juga bisa memakai berbagai jenis headphone kalau memang termasuk pengguna smartphone android.

Sedangkan di iPhone, hanya mendukung perangkat headphone bawaan dari Apple saja. Tidak  seperti smartphone android yang bebas memakai jenis headphone dari berbagai brand. Ditambah lagi, headphone dari Apple umumnya dipatok dengan harga cukup mahal.

Bebas melakukan modifikasi pengaturan keamanan

iPhone dan android punya sistem keamanan masing-masing. Tetapi, sistem keamanan iPhone dengan iOS-nya dianggap lebih tangguh dan baik menjaga privasi pengguna. Hal ini memang sangat penting, tapi kadang hal tersebut membuat pengguna kurang nyaman, sebab tidak bisa mengatur sistem keamanan sendiri.

Berbeda dengan smartphone android. Kalian bisa mengubah pengaturan keamanan smarpthone dengan bebas dan mudah. Contohnya untuk sistem lock screen, kalian dapat memanfaatkan aplikasi tambahan untuk mengamankan smartphone.

Dengan aplikasi tambahan kalian juga dapat mengatur dengan mudah sistem kunci yang diterapkan. Contphnya memakai PIN, pola atau juga fingerprint. Kalian juga memungkinkan untuk mengubah tampilan lockscreen dengan tema-tema yang unik, sehingga layar smartphone lebih menarik.

Semoga bermanfaat! Salam Teknologi! Nah, dengan begitu kalian tidak perlu lagi untuk mengeluh ketika hanya menggunakan smartphone jenis android. Kalian seharusnya lebih memaksimalkan penggunaan smartphone android ini.

Lihat yang Lain

Related Articles