Kamis, Oktober 28, 2021

Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Save

Kalian pernah menulis dokumen penting, tapi saat ingin kalian save malah error dan tidak bisa save? Jangan khawatir, masalah ini sering terjadi. Di artikel ini kalian akan menemukan jawabannya.

Walaupun membuat kesal. Apalagi kalau kalian sudah mengetik panjang lebar dan akhirnya dokumen tidak dapat di save. Tetapi kalian masih dapat memperbaiki masalah ini sendiri dengan mudah dan cepat, Gaes.

Sebenarnya, masalah ini terjadi bersamaan dengan pesan error ketika kalian ingin menyimpan dokumen. Pesan error ini tampil dengan pesan yang berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya bagaimana.

Oleh karena itu, kalian harus tahu penyebabnya dulu supaya dapat mengatasi atau mencegah error ini tidak terulang lagi.

Penyebab Word Tidak Bisa Save

Mungkin ada yang bertanya kenapa masalah ini bisa terjadi untuk kalian yang baru mendapatkan masalah ini pertama kali. Kok susah mau save dokumen? Biasanya kan bisa? Kenapa ya?

Pada dasarnya, kenapa terjadi error di word sehingga tidak bisa dipakai untuk save cukup banyak biasanya disebabkan oleh kalian sebagai user tidak dapat mengakses hak untuk menyimpan dokumen.

Sekedar sara, ada baiknya kalian copy paste dokumen yang belum di save ke aplikasi pengolah kata lain dulu untuk mengantisipasi dokumen yang sudah kalian ketik supaya tidak hilang. Bisa ke notepad atau wordpad.

Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Save

Adanya beberapa faktor yang membuat dokumen tidak bisa save ini, membuat cara mengatasinya pun terpecah menajdi beberapa bagian.

Kalian dapat mencobanya satu persatu sampai menemukan solusi yang sesuai dengan masalah kalian.

Mengubah Permission Folder

Ketika file dokumen word kalian tidak dapat disimpan, ini biasanya karena folder tidak memberikan hak akses. Untuk mengatasinya, kalian harus mengubah permission atau izin di folder tersebut.

Cara mengatasi word tidak bisa save pada cara pertama ini, kalian harus  membuka Windows Explorer di laptop atau PC kalian. Lalu klik kanan folder yang akan dipakai untuk save dokumen.

Setelah itu klik opsi Properties. Jika sudah, silahkan kalian masuk ke dalam tab menu Security. Langsung klik user kemudian tap tombol Edit.

Disini kalian berikan centang pada kotak full control. Kalau sudah, tap tombol Apply dan tap Ok.

Pada tahap memilih user di Group or user names, adalah user yang tersedia di PC atau laptop kalian. Berikan hak akses full control untuk user yang kalian pakai.

Save di Folder Lain

Biasanya drive C membutuhkan hak administrator sebab drive tersebut dipakai untuk menyimpan data system. Karena itu kalau kalian ingin solusi yang tidak sulit, maka cobalah untuk menyimpan dokumen ke drive D atau E.

Kenapa? Karena drive D ataupun E tidak butuh akses administrator sehingga kalian dapat melakukan save dokumen, hapus dokumen, atau memindahkannya dengan mudah.

Atau kalian juga dapat save dokumen ke tempat penyimpanan eksternal seperti usb flashdisk atau harddisk eksternal.

Save di Cloud

Cloud ini tempat penyimpanan online yang dapat diakses memakai jaringan internet. Menyimpan dokumen secara online dapat dilakukan dengan bantuan Microsoft Word Online.

Cara ini terbukti efektif dan menjadi alternatif apabila microsoft word di laptop tidak apat menyimpan dokumen. Di samping itu, penyimpanan online ini sangat aman dan resiko kena virus sangat rendah.

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menjalankan aplikasi web browser lebih dulu. Kemudian kunjungi situs Microsoft Word Online.

Setelah itu silahkan kalian login memakai akun microsoft. Daftar akun microsoft kalau belum punya.

Jika sudah login, kalian akan diarahkan ke halaman word online. Tap New blank document untuk membuat dokumen baru.

Lakukan copy paste dokumen kalian tadi ke word online. Kalau ingin menyimpan ke komputer, tap File lalu klik Simpan Sebagai dan tap opsi Unduh Salinan. Selesai.

Selamat! Kalian berhasil memperoleh dokumen word yang sesuai dengan keinginan. Kalian juga dapat melakukan perubahan dokumen lewat microsoft word online ini.

Tapi kalian harus ingat untuk memastikan PC atau laptop kalian terhubung ke jaringan internet. Sebab layanan ini adalah situs web yang memerlukan akses internet.

Pastikan Penyimpanan Tersedia

Pastikan tempat penyimpanan kalian masih ada space karena banyak yang tidak cek apakan penyimpanan masih lega atau full. Hapus file yang tidak terpakai dan memakan banyak ruang pada drive. 

Install Ulang Word

Walaupun, kadang masalah word tidak dapat menyimpan karena system dari microsoft word sudah terserang virus.

Kalau benar, bisa jadi file tersebut terhapus atau corrupt. Untuk mengatasinya, lakukan install ulang microsoft word di laptop atau PC kalian. Pastikan untuk memindahkan data dokumen dahulu supaya tidak hilang.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba! Nah, dengan begini kalian  tetap dapat menyimpan file – file yang kalian punya. Kalian dapat melakukan cara – cara diatas pada semua jenis Laptop ataupun PC dengan merk apa saja.

Lihat yang Lain

Related Articles