Kamis, Oktober 28, 2021

Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

Apakah kalian ingin menonton video atau film dengan resolusi yang lebih bagus daripada laptop? Kalian bisa menyambungkan laptop ke TV di rumah kalian sehingga layar lebih lebar dan lebih memuaskan, Gaes.

Jika dalam artikel lainnya disebutkan kalian bisa menyambungkan lapotp ke TV menggunakan kabel, maka dalam pembahasan kali ini kalian dapat menghubungkannya tanpa menggunakan kabel.

Memangnya bisa? Tentu saja bisa. Seiring dengan berubahnya zaman dan perkembangan teknologi saat ini, maka banyak hal yang bisa memudahkan berbagai aktivitas kalian sehari-hari. Termasuk, menghubungkan laptop ke TV tanpa menggunakan kabel, Gaes.

Caranyamenghubungkan laptop ke TV tanpa kabel itu bagaimana? Mari cekidot kuy!

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

Menghubungkan layar laptop ke TV tanpa kabel? Bisa kok, bahkan kalian dapat menyambungkan laptop windows ataupun mac sebagai remot televisi secara wireless.

Yang kalian butuhkan dengan cara ini adalah alat yang bernama chromecast. Teknologi chromecast cukup nyaman dan praktis sebab tidak membutuhkan kabel. Untuk mengoperasikannya, ikuti langkah berikut.

Pertama, kalian harus pastikan sudah mempunyai perangkat chromecast. Lalu kalian sambungkan kabel ke port HDMI TV dan laptop. Jangan lupa untuk menyambungkan juga chromecast ke port USB yang tersedia di TV.

Setelah itu, nyalakan TV kemudian kalian harus memindah input yang sesuai. Jika sudah, install Chromecast di perangkat kalian.

Langkah selanjutnya, masuk ke menu Set-up Chromecast untuk menyambungkan ke jaringan wifi. Terakhir masukkan kode verifikasi ke TV. Selesai.

Kalian bisa memperoleh chromecast lewat toko online dengan mudah. Walaupun harganya cukup terjangkau, tapi kinerja dari alat ini sangat memuaskan dan efektif.

Menyambungkan Laptop ke TV dengan Flashdisk

Untuk pemakaian flashdisk ini adalah cara alternatif jika cara lain tidak dapat kalian lakukan untuk menghubungkan laptop ke TV. Kalian bisa memanfaatkan flashdisk dengan catatan TV harus mempunyai port USB.

Langkah pertama, tancapkan flashdisk ke laptop atau komputer. Kemudian transfer gambar dan video dari laptop ke flashdisk. Jika sudah, tancapkan flashdisk ke port USB di TV kalian.

Langkah selanjutnya, silahkan kalian pindahkan input TV ke opsi USB. Setelah itu pilih file yang diputar dengan menekan play. Selesai.

Biasanya kualitas yang diberikan di TV akan sesuai dengan kualitas dari file itu sendiri.

Oleh karena itu, pakailah video yang mempunyai resolusi tinggi jika kalian ingin menikmati video yang jernih di TV.

Itu tadi tips menghubungkan laptop ke TV tanpa kabel yang bisa kalian coba terapkan di rumah untuk menonton atau di kantor untuk presentasi.

Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Kalau ada pertanyaan cara  menghubungkan laptop ke TV atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini.

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Lihat yang Lain

Related Articles