Kamis, Oktober 28, 2021

Perbandingan antara Edmodo dan Facebook

Mungkin kalian pernah bertanya apa bedanya Edmodo dan Facebook? Dengan makin berkembangnya teknologi, saat ini teknologi makin maju, apalagi di bidang pendidikan. 

Para guru sudah mulai memakai media sosial ke dalam kurikulum dan memakainya sebagai media untuk berkomunikasi dengan siswa.

Dengan berkembangnya teknologi ini siswa lebih dipermudah untuk berbagi media seperti gambar, video, dan dokumen teks, dan yang lainnya.

Tetapi, platform media sosial yang ada mungkin tak selalu berjalan mulus untuk siswa bisa terkoneksi dengan guru. Utamanya untuk para siswa yang baru pertama kali mencobanya mungkin akan bingung. 

Menariknya, ada salah satu situs web yang memakai ide dan posisi fitur yang mirip dengan media sosial terkenal facebook, situs web itu yaitu Edmodo.

Edmodo merupakan situs web pendidikan yang disana guru bisa memposting konten yang berhubungan dengan pembelajaran, membuat diskusi kelas, dan mengkoneksikan ke orang tua, guru, keluarga, dan teman sekelas dengan mudah dan aman. 

Disebabkan ide Edmodo yang berasal dari media sosial facebook, artikel ini akan menjabarkan secara detail fitur dari edmodo, persamaan edmodo dan facebook, perbedaan edmodo dan facebook.

Fitur dari Edmodo

Edmodo bisa membuat sebuah ruang kelas yang membantu pembelajaran dan para siswa dapat bebas berdiskusi. Contohnya, kalau para siswa membaca buku bahasa Inggris, guru bisa membuat platform untuk siswa supaya bisa saling menanggapi dan berdiskusi tentang buku tersebut.

Kalian hanya perlu memakai aplikasi di Android atau iPhone, siswa bisa berdiskusi secara langsung di Edmodo bahkan saat mereka tidak di sekolah.

Edmodo juga bisa dipakai untuk para guru sebagai media pembeda instruksi dan penilaian siswa. Guru juga bisa membuat grup kecil di Edmodo yang bisa dipakai untuk beberapa siswa yang mungkin butuh bimbingan di bidang tertentu saja.

Siswa bisa mengisi informasi di profil Edmodo mereka untuk memberikan informasi kepada guru tipe pelajar seperti apa mereka, minat, dan informasi apa pun yang ingin diketahui guru.

Walaupun mirip dengan facebook, twitter, dan platform media sosial lainnya yang saling terhubung kaum muda, Edmodo dirancang supaya guru bisa mengelola kata sandi siswa, menghapus postingan yang tidak pantas, atau membuat pengumuman.

Di Edmodo tidak ada fitur siswa untuk saling mengirim pesan secara pribadi, karenanya tidak ada yang bisa disembunyikan dari guru.

Saat ini Edmodo tersedia dalam beragam bahasa, sehingga orang tua yang mungkin tidak dapat berbahasa indonesia bisa mengetahui aktivitas anak mereka di dalam Edmodo. 

Peran orang tua tentunya sangat penting di dalam konten pendidikan dan kurikulum, sebab akan membuat siswa lebih bersemangat saat orang tua dan guru saling berinteraksi.

Persamaan Edmodo dan Facebook

Edmodo hampir sama dengan Facebook dan media sosial lainnya yang bisa dipakkai untuk mencari informasi.

Dari segi tampilan visualnya, hampir sama (warna dan penempatan menu). Dan juga edmodo dan facebook bisa dipakau untuk membuat grup. Persamaan lainnya ada fitur untuk mengisi data informasi di profil.

Perbedaan Edmodo dan Facebook

Ada beberapa poin perbedaan yang mencolok antara Edmodo dan Faecbook. Pertama, di Edmodo siswa tidak bisa membangun jaringan oembelajaran pribadi. Sedangkan facebook, semua orang bisa membuat jaringa pembelajaran.

Kedu, Guru membuat kelas, dan membagikankode kelas pada siswa sebagai password akses masuk. Sedangkan di Facebook, terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung dan membuat grup.

Ketiga, guru tidap perlu memasukkan informasi umur sebab siswa sudah ada di bawah pengawasan guru. Tetapi di Facebook, siswa harus isi informasi profil termasuk tanggal lahirnya.

Keempat, Edmodo bisa diakses dari sekolah. Sedangkan kebawanyak situs web facebook diblokir jaringan sekolah. Kelima, sumber pendanaan Edmodo dari sumber lain, dan Facebook didanai iklan.

Keenam, kelompok tertutup hanya yang terdaftar yang bisa jadi peserta, sedangkan di Facebook grupnya terbuka untuk siapa saja.

Ketujuh, Edmodo tidak bisa mengirimkan pesan pribadi antar siswa, tapi di Facebook bebas. Kedelapan, Edmodo bisa terhubung dengan teman satu kelas atau di kelas yang lain. Sedangkan di Facebook terhubung bebas dengan siapa saja yang diinginkan.

Kesembilan, Edmodo dirancang khusus sebagai media pembelajarantugas siswa dengan akses mudah. Dan Facebook dirancang untuk media pembelajaran yang kurang nyaman sebab terbuka dan bebas.

Kesepuluh atau terakhir, di Edmodo orang tua siswa bisa melihat aktivitas kelas kalau diberi kuasa. Sedang di Faceook orang tua hanya melihat informasi umum facebook.

Semoga bermanfaat! Nah, dengan semua hal di atas dan makin pesatnya teknologi dalam pendidikan, kini hampir semua sekolah di Idonesia memakai Edmodo. Sebab sangat direkomendasikan sebagai media pembelajaran.

Lihat yang Lain

Related Articles