Kamis, Oktober 28, 2021

Tips Reset Vivo V9 atau V9 Pro Terbaru

Kalian lupa password atau lupa kunci smartphone Vivo V9 atau V9 Pro? Maka kalian bisa memakai tips ini, Gaes. Selain itu tips ini nanti juga dapat mengatasi masalah lemot, dan memperbaiki masalah kerusakan software smartphone Vivo ini. 

Seperti yang kalian tahu, Vivo merupakan smartphone merk baru, tapi sudah banyak dipakai oleh para penggunanya karena mempunyai spesifikasi tangguh dengan harga yang terjangkau.

Vivo memberikan desain body yang lebih ramping dan slim dari pendahulunya untuk tipe V9. Smartphone ini menampilkan layar LCD IPS dengan ukuran 6.3 inci yang mempunyai resolusi 1080 x 2280 dengan rasio 18:9 dan dilindungi kaca pelindung Gorilla Glass.

Smartphone ini juga ditenagai chipset Snapdragon 626 MSM8953 Pro serta pengolah grafis Adreno 506. Di samping itu ruang penyimpanan cukup besar, yaitu 64GB dan dukungan RAM 4GB. Vivo V9 ini memakai sistem operasi Android dengan OS FuntouchOS 4.0 berbasis Android 8.1 Oreo.

Meskipun kini Vivo sudah terkenal, tetapi smartphone sebagai perangkat elektronik pasti tidak bisa menghindari masalah atau error sehingga mengalai kinerja yang menurun.

Melakukan Reset ke pengaturan pabrik menjadi cara termudah untuk kalian sebagai pengguna Vivo V9 saat smartphone kalian mulai lemot sebab banyaknya data yang menumpuk di internal.

Jika kalian ingin reset Vivo V9, kalian bisa melakukannya dengan 2 cara yang paling mudah. Pertama, reset melalui pengaturan atau biasa disebut Factory Reset dan cara reset melalui Vivo Recovery (Hard Reset).

Kedua cara ini dapat kalian gunakan di smartphone Vivo V9 dan V9 Pro yang beroperasi pada Android Oreo dan Android Pie.

Untuk cara reset smartphone Vivo V9 ini, kalian harus melakukan backup dahulu. Sebab nantinya saat proses berlangsung semua file dan data penting kalian akan terhapus.

Jangan lupa juga Akun Google atau Akun Vivo baik itu username maupun password kalian ya. Ini untuk login lagi setelah kalian melakukan reset, Gaes.

Cara Factory Reset Vivo V9 Melalui Pengaturan Pabrik

Cara reset pertama untuk Vivo V9 adalah melalui pengaturan pabrik. Cara ini dapat kalian terapkan jika smartphone kalian masih bisa dipakai dan hanya error sedikit. Misalnya penyimpanan penuh, aplikasi lag, salah setting, sampai terkena virus dan malware.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan masuk ke Pengaturan yang ada di smartphone Vivo V9 kalian, lalu klik menu Pengaturan Lainnya.

Selanjutnya, klik Buat cadangan dan setel ulang. Nanti kalian akan melihat beberapa opsi setel ulang, yaitu Reset Ulang Semua Pengaturan dan Hapus Semua Data. Kalian bisa langsung klik Hapus Semua Data.

Jika sudah, klik Bersihkan sekarang dan klik opsi Hapus semua. Setelahnya, Vivo V9 akan restart dan kalian tinggal menunggu sampai proses reset pabrik ini selesai. 

Selamat. Smartphone kalian sekarang kembali ke pengaturan pabrik seperti saat awal kalian membeli.

Cara Hard Reset Vivo V9

Cara ini bisa kalian lakukan ketika smartphona tidak dapat masuk ke menu atau hanya stuck di logo atau bootloop.

Langkah awal, matikan samrtphone. Kemudian kalian tekan Volume Atas dan Power bersama-sama. Nanti akan tampil Fastboot Mode.

Pilih Recovery mode dengan menekan tombol Volume turun dan tombol Power. Saat sudah di Vivo Recovery klik Wipe Data. Nanti akan ada 2 pilihan Wipe Data dan Wipe Cache Partition.

Pertamanya kalian lakukan Wipe data  dulu. Nanti tampil notifikasi “Wipe Data? operation can’t be reversed“. Klik Wipe Data. Jika wipe data sudah selesai akan ada pesan Sucessfull. Tap OK.

Langkah selanjutnya, klik Wipe Cache Partition. Setelah muncul notifikasi  “Wipe Cache Partiton? operation can’t be reversed“, klik Wipe Cache Partition. Dan terakhir, kalian klik Back dan langsung Reboot.

Nanti Vivo V9 akan restart. Tunggu sampai sukses masuk ke menu Settings yang menjadi tanda hard reset kalian berhasil.

Semoga bermanfaat! Nah, dengan begini kalian dapat mereset smartphone Vivo V9 kalian dengan mudah. Kalian dapat melakukan cara ini hanya pada smartphone Vivo jenis Y9 dan Y9 Pro. Kalian dapat melakukan cara hard reset ini secara berulang.

Lihat yang Lain

Related Articles